7 Fakta Unik Provinsi Lampung Kamu Perlu Tahu, Semarak HUT ke-58

  • Availability: In Stock

Bandar Lampung, IDN Times - Indonesia terdiri dari 34 provinsi, Masing-masing daerah memiliki fakta unik untuk diketahui. Begitu juga Provinsi Lampung ada beberapa fakta unik. 

Provinsi terdiri dari 2 kota, 13 kabupaten, 228 kecamatan, 205 kelurahan, dan 2.449 desa itu tercatat memiliki fakta unik. Bahkan beberapa di antaranya tidak ditemukan di provinsi-provinsi lainnya di Tanah Air.

Keunikan seperti apa sih akan dimiliki Provinsi Lampung? Berikut IDN Times informasikan 7 fakta unik dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) atau hari jadi Provinsi Lampung ke-58.

1. Little Indonesia

7 Fakta Unik Provinsi Lampung Kamu Perlu Tahu, Semarak HUT ke-58Sumber Gambar : Google Maps

Pada era kolonial, Belanda mengadakan program transmigrasi. Implementasinya memindahkan banyak suku seperti Jawa dan Sunda ke Provinsi Lampung. Bahkan saat masa kemerdekaan dan beberapa dekade lalu, program transmigrasi tetap digulirkan.

Menariknya, penduduk pendatang jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan penduduk asli Lampung.

Oleh karena itu, provinsi berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai tersebut sering disebut-sebut sebagai Little Indonesia, karena terdapat berbagai suku dari Indonesia. Maka tak heran bila Lampung merupakan salah satu provinsi cocok, untuk dikunjungi bila kamu ingin mengenal banyak orang dari daerah berbeda-beda.

2. Gerbang utama Pulau Sumatera

7 Fakta Unik Provinsi Lampung Kamu Perlu Tahu, Semarak HUT ke-58Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Keberadaan Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan membuat provinsi ini acapkali disebut sebagai titik gerbang Pulau Sumatera. Pasalnya, melalui pelabuhan ini dua kepulauan yaitu, Jawa dan Sumatera bisa saling terhubung via jalur penyeberangan kapal laut.

Maka tak heran, bila mayoritas masyarakat memiliki tujuan ke dua pulau tersebut akan mempertimbangkan memilih sarana transportasi laut. Itu lantaran di kapal mereka dapat mengabadikan momen sekaligus memandang indahnya laut biru.

3. Manusia tertinggi ada di Lampung

7 Fakta Unik Provinsi Lampung Kamu Perlu Tahu, Semarak HUT ke-58Suparwono, manusia tertinggi di Indonesia. (Google.com).

Manusia Indonesia memiliki rataan tinggi 175 cm. Oleh karena itulah, bila seseorang memiliki ketinggian lebih dari 200 cm atau 2 meter, maka orang tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu orang tertinggi di Indonesia.

Bagi kami belum mengetahui keberadaan manusia tertinggi tersebut, Lampung terdata pernah memiliki warga dengan catatan itu loh. Ia adalah Almarhum Suparwono dengan tinggi 242 cm atau mencapai 2,42 meter.

4. Penghasil kopi robusta

7 Fakta Unik Provinsi Lampung Kamu Perlu Tahu, Semarak HUT ke-58IDN Times/Aji

Menyebut kata kopi, serasa selintas langsung terpikir Lampung. Ya, tak heran mengingat provinsi ini merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di Tanah Air. Selain pisang, kopi adalah salah satu komoditas utama masyarakat Lampung.

Berbagai jenis kopi dihasilkan di daerah ini, dan cukup dikenal hingga mendunia. Salah satu jenis kopi Lampung sudah terkenal dan mendunia adalah kopi jenis robusta.

Perlu kamu ketahui juga, ada para penggemar kopi dari berbagai belahan dunia datang ke Lampung sekedar menikmati kopi khas sekaligus menyambangi lokasi perkebunan kopi di Lampung.

5. Penghasil keripik pisang

7 Fakta Unik Provinsi Lampung Kamu Perlu Tahu, Semarak HUT ke-58Rekomendasi tempat aneka keripik pisang di Provinsi Lampung. (Instagram/@haitoms.lampung)

Pisang merupakan komoditas Lampung juga turut menjadi andalan dan disukai oleh banyak orang. Produksi pisang di Lampung termasuk ke dalam produksi pisang terbesar ketiga di Indonesia bersama Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Pusat Data dan Informasi Pertanian menyatakan, Lampung memasok 12,38 persen dari total produksi pisang di Indonesia. Selain itu, mayoritas pisang asal Lampung juga diolah menjadi makanan oleh-oleh khas seperti brownies, bolu pisang, pie pisang, dan keripik pisang dengan berbagai varian rasa telah di kenal seantero Indonesia.

6. Ibu kota provinsi berjuluk Kota Tapis Berseri

7 Fakta Unik Provinsi Lampung Kamu Perlu Tahu, Semarak HUT ke-58Pemerintah kembali memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel di luar wilayah Jawa-Bali mulai 15 - 28 Februari 2022. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Tapis merupakan kain terbuat dari benang emas bermotif khas Lampung dan dibuat dengan cara disulam. Kain ini banyak digunakan oleh muli atau wanita Lampung pada acara adat dan acara besar lainnya.

Kain tapis pun menjadi julukan ibu kota provinsi Bandar Lampung yaitu, Kota Tapis Berseri yang berarti tertib, aman, patuh, iman, sejahtera, bersih, sehat, rapih, dan indah.

Slogan tersebut bukan sekadar embel-embel slogan tempelan, melainkan direalisasikan sehingga kota ini mendapatkan juara sebagai Kota Terbersih 1995 dan Penghargaan Adipura Kencana di 2009.

7. Pantai mendunia

7 Fakta Unik Provinsi Lampung Kamu Perlu Tahu, Semarak HUT ke-58Peselancar di Pantai Pesisir Barat. (IDN Times/Dok Krui Pro)

Lampung memiliki garis pantai panjang dan nanindah. Keindahan pantai-pantai di Lampung telah terkenal hingga mancanegara, sebut saja seperti Pantai Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Pantai Tanjung Setia, dan Pantai Jukung.

Pantai-pantai di Lampung juga tak kalah indah dengan pantai ada di Bali. Di sini, pengunjung dapat menikmati pasir pantai baik itu pasir putih maupun pantai pasir hitam dengan ketinggian ombak sangat beragam.

Sangking menariknya pantai di Lampung, para turis lokal dan luar hingga para peselancar berlomba-lomba ingin merasakan deru ombak laut pantai Lampung. Bahkan Kabupaten Pesisir Barat juga tercatat sebagai penyelenggara rutin ajang perlombaan selancar dunia, sebelum pandemik melanda Tanah Air.

Itulah fakta unik Provinsi Lampung. Bagaimana pendapat kamu? Jadi pengin liburan ke Lampung gak nih?