Makanan Khas Lampung yang Menggiurkan dan Wajib Dicoba

  • Availability: In Stock

Kota Bandar Lampung memiliki makanan dan minuman yang unik dan tidak kalah enaknya dari makanan daerah lain. Salah satu makanan khas Lampung yang wajib dicoba yaitu seruit yang sering dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Lampung.
Selain terkenal dengan keindahan pantainya, Lampung menyimpan keragaman budaya serta kuliner yang lezat dan menggugah selera. Berikut 8 makanan khas Lampung yang bisa kamu cicipi ketika berada di kota Lampung.

Makanan Khas Lampung yang Terkenal
Menikmati makanan khas Lampung tentunya menimbulkan perasaan bangga sendiri mengingat betapa banyaknya makanan daerah yang tersebar luas di Indonesia. Untuk kamu yang berkunjung ke sana, wajib coba rekomendasi makanan khas Lampung di bawah ini.


1. Gulai Taboh


Gulai taboh merupakan makanan khas Lampung dengan bahan utama ikan laut yang dibanjiri dengan kuah santan. Terdapat dua jenis gulai taboh yang bisa jadi pilihan kamu.

Gulai taboh yang pertama menggunakan ikan laut yang dimasak dengan daun tangkil, kacang panjang, dan rebung. Pilihan yang kedua dibuat dari ikan asap yang disajikan dengan kuah santan dengan rasa asin dan pedas yang gurih.

2. Gabing


Selanjutnya, kamu bisa menikmati hidangan gabing yang termasuk ke dalam makanan khas Lampung. Bahan-bahannya termasuk batang kelapa muda, santan kelapa, bumbu opor, cabai rawit, dan juga cepokak.

Batang kelapa ini nantinya dipotong tipis dan direbus dahulu. Untuk meningkatkan cita rasa, gabing biasanya ditambahkan dengan potongan daging.

3. Gulai Balak
Gulai balak adalah olahan makanan khas Lampung yang dibuat dari daging sapi atau daging kambing. Seperti kuah-kuah sebelumnya, gulai balak dimasak dengan santan dan rempah-rempah sehingga masakan ini memberikan aroma lezat pada makanan.

4. Seruit


Salah satu makanan khas Lampung yang sering dijumpai di kota ini yaitu seruit. Terbuat dari ikan yang dibakar, seruit disajikan dengan campuran sambal terasi, tempoyak, dan mangga kweni yang diiris tipis.

Biasanya, sajian ini menggunakan ikan tawar seperti patin, mas, belida, baung, dan lais. Seruit sangat lezat saat disantap dengan lalapan.

5. Umbu
Umbu adalah makanan sehat yang terbuat dari rotan muda yang telah direbus hingga lunak. Meskipun pahit, makanan khas Lampung satu ini sering dijadikan sebagai sayuran tambahan.

6. Pindang Patin
Ternyata, pindang patin juga termasuk makanan khas Lampung loh. Masakan ini juga menjadi ciri khas makanan Palembang yang nikmat dan kaya akan protein.

Proses pembuatannya terdiri dari ikan patin dengan rebusan air yang diracik dengan bumbu bawang merah dan putih, jahe, kunyit, serai, daun salam, dan belimbing sayur. Adapun jenis pindang patin lainnya yaitu berkuah bening dengan campuran tempoyak.

7. Gulai Tempoyak